Fog Index

Fog index dipergunakan oleh penulis, editor, atau guru sendiri, tanpa ketergantungan kepada orang lain. Fog index dipergunakan dengan mengidentifikasi kata-kata sulit dalam suatu uraian. Kata-kata sulit itu antara lain ialah kaqta yang dalam mengucapkannya terdiri atas lebih dari satu suku kata.

Prosedur yang ditempuh dalam menggunakan fog index adalah sebagai berikut :

1. Pilih tiga jenis uraian secara acak pada masing-masing bagian awal, tengah, dan akhir.

2. untuk masing-masing uraian, hitunglah 100 kata mulai dari awal uraian. Kata yang sama hanya dihitung satu kali, kata berulang dihitung 2 kata.

3. Hitunglah rata-rata panjang kalimat yang lengkap dalam uraian itu dengan cara :

a. Carilah tanda titik terakhir sebelum kata yang keseratus tersebut. Hitung dari awal uraian berapa kalimat yang sempurna sampai titik terakhir sebelum kata yang keseratus tersebut.

b. Hitung jumlah kata dari titik terakhir sampai dengan kata yang keseratus. Kemudian jumlah kata itu dipergunakan sebagai angka pengurang dari 100 kata, maka akan diperoleh jumlah kata dalam kalimat lengkap yang terdapat sampai pada kata yang keseratus itu.

c. Bagilah hasil pengurang itu dengan jumlah kalimat lengkap, maka akan diperoleh jumlah rata-rata kata dalam kalimat pelengkap.

4. Carilah kata-kata yang berjumlah dua suku kata atau lebih sampai kata yang keseratus dan hitung jumlahnya. Kata-kata yang demikian dianggap kata sukar.

5. Kemudian dihitung dengan menggunakan rumus berikut :

2 (RPK + KS) + 5
5

RPK = Rata-rata panjang kalimat

KS = Kata-kata sulit

Hasil perhitungan dapat dikategorikan sebagai berikut.

Hasil

a. 12 sampai atau lebih kecil dari 12 = Sangat mudah

b. 13 sampai dengan 16 = Mudah

c. 17 sampai dengan 20 = Agak sukar

d. lebih besar dari 20 = Sukar

0 komentar:


 

Original Blogger Template | Modified by Blogger-Whore | Distributed by eBlog Templates